Kamis, 21 Oktober 2010
MAKALAH BAHASA INDONESIA

BAHASA SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN , TEKNOLOGI DAN SENI




Kelompok IV
Agung wicaksono
Dwi sapta rini
Faridwan
Hutari ladjusa pratiwi
Ikhwanul fajri
Lutfi yanhar
Niken rubiastuti
Siti napisah
Willy nopriandi



Puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Dan dapat dibaca oleh semua pihak ataupun kalangan.
Makalah ini disusun dengan berbagai sumber yaitu media cetak , media elektronik dan berbagi media pendukung lainnya. Makalah ini dibuat dengan berbagai tujuan yaitu sebagai tugas kuliah ,menanbah pengetahuan dibidang bahasa Indonesia “ bahasa Indonesia sebagai ilmu pengetahuan teknologi dan seni. Penyusunan makalah ini berusaha merangkum semua yang berhubungan dan memberikan gambaran bahan kuliah dengan harapan agar semua mahasiswa lebih dapat memahami.
Penyusun mohon maaf kepada semua pihak yang karanganya kami salin, teriring rasa tanggung jawab akan maksud untuk mengutip media yang ada.

Akhirnya penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan semoga makalah ini berguna bagi semuanya. Serta kami sebagai tim penyusun mohon maaf apabila terdapat kata, atau hal yang kurang tepat bahkan salah. Dan akhirnya kami mohon sumbangan pemikiran dari pembaca semua demi kesempurnaan makalah ini.



Jambi , oktober 2010

Tim penulis











DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI i
BAB I PENDAHULUAN 1
I.I Latar belakang 1
I.II Rumusan masalah 2
I.III Batasan masalah 2
I.IV Tujuan penelitian 2
BAB II PEMBAHASAN 3
II.I pengetian bahasa 4
II.II bahasa sebagai ilmu pengetahuan & teknologi 5
II.III bahasa sebagai seni 6
BAB III PENUTUP 7
III.I Kesimpulan 7
III.II Saran 7
DAFTAR PUSTAKA















BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Bahasa Indonesia telah di akui sebagai bahasa persatuan sejak zaman dulu. Tepatnya ketika di cetuskan sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928. bahasa Indonesia telah melewati masa-masa dimana banyaksekali peristiwa sejarah yang merupakan fase perjuangan bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, memerangi pemberontak-pemberontak, jaman orde baru hingga sekarang. Seiring dengan adanya perubahan-perubahan kosdisi tersebut, bahasa bahasa Indonesia pun mengalami beberapa, baik dalam cara penulisan, pengucapan, penambahan dan pengurangan kosa kata., perbaikan ejaan dan lain-lain. Semua ini bertujuan untuk memperbaiki dan mengembangkan penggunaan bahasa Indonesia agar lebih baik sampai sekarang bahasa Indonesia tetap indah untuk di ucapkan, tetap indah untuk di dengar, tap indah di baca. Tentu hal tersebut akan menjadi kenyataan kalau bahasa Indonesia di ucapkan dan di tulis dengan baik dan beretika.
Sastra Indonesia, merupakan karya hasil unggkapan perasaan, emosi, pikiran, yang di tuangkan dengan bahasa baik lisan maupun tulisan juga mengalami banyak perkembangan, kita harus bangga karna hasil karya sastra bangsa Indonesia memiliki kualitas yang baik. Sastra Indonesia menjadi tempat curahan hati, dimana bahasa yang di tumpahkan merupkan hasil penerjemahan dari expreesi hati dan jiwa, pemikiran, kehndak dan lain-lain. Karena hal tersebut berhubungan erat dengan seni., budaya dan keidahan, maka kartya sastra memiliki arti tersendiri. Sastra Indonesia Indonesia harus di pertahankan kualitasnya hingga akhir hayat, karena dalam suatu sastra Indonesia tedapat nilai-nilai positif yang dapata memberikan makna petuah, nasehat, contoh, amanat, yang dapat memberikan pengaruh yang bermakna.
Unruk itu, bahsa dan sastra harus tetap harus digunakan pada rel yang benar, agar perilaku generasi bangsa tidak memburuk di masa depan. Hal ini penting, sebab bahasa mrupakan sesuatu yang di gunakan sehari-hari, apabila bahasa yang di gunakan buruk, maka dapat di katakana bahwa hal ini merupakan perilaku buruk yang akan mempengaruhi pada psikologi pribadi dan tata nilai di masyarakat.
Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berhubungan dengan sesamanya. Bahasa menjadi lat utama dalam menjaga dan membina hubungan denga. Sesame, bahasa merupakan alat komunikasi yang paling penting. Membina hubungan denga relasi bisnis di butuhkan ketrampilan berbahasa yang baik makna dasarnya adalah harus selalu menggunakan bahasa yang baik dan benar, tidak berkonotasi .Dengan itu saja dapat diyakini rekan bisnis akan semakin mempercepat hubungan bisnis dengan kita , tentu saja hal tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak. intinya adalah gunakan lah bahasa Indonesia dengan baik beretika karena bahasa merupakan moral dan etika .
Dalam karya sastra Indonesia memang memiliki peran sebagai ujung tombak . karya sastra yang tidak beretika dipastikan akan dikeritik negative oleh rakyat dan dilarang pemerintah. Perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi ( iptek) telah mendorong bermunculnya banyak istilah baru yang digunakan untuk memberikan aneka konsep yang diciptakan atau ditemukan manusia. Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang relative baru juga tidak luput dari tuntutan modrenisasi kosakata. Sebagi bahasa yang cukup terencana , kegiatan pembentukan istilah dalam bahasa Indonesia sebenarnya telah di lakukan dengan cukup terkoordinasi di bawah pusat bahasa.


1.2 RUMUSAN MASALAH
* Bagaimana hubungan bahasa Indonesia sebagai ilmu pengetahuan, tekhnologi, dan seni?
* Apakah dampak bahasa Indonesia bagi seni dan agama

1.3 BATASAN MASALAH
Pembahaasan makalah ini hanya terbatas pada hubungan bahasa indonesai sebagai ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni(ipteks), dan dampak bahasa Indonesia dalam bidang ipteks.


1.4 TUJUAN PENULISAN
1. menambah pemahaman mahasiswa tentang hubungan dan dampak bahasa ndonesisa sebagai ilmi pengetahuan,tekhnologi dan seni(ipteks).
2. unuk pemenuhan tugas mata kuliah bahasa Indonesia.











BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN BAHASA INDONESIA
Bahasa tidah dapat terpisahkan dari manusia dan mengikuti dalam sertiap pekerjaannya. Bahsa adalah alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan, ataupun gerakan(bahasa isyarat) dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. Melalui bahasa, manusia dapar menyeuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tata karma masyarakat, dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala entuk masyarakat.
Adapun Definisi bahasa adalah sebagai berikut:
1. suatu sistem untuk mewakili benda, tindakan, gagasan dan keadaan.
2. suatu peralatan yang digunakan untuk menyampaikan konsep riil mereka ke dalam pikiran orang lain
3. suatu kesatuan sistem makna
4. suatu kode yang yang digunakan oleh pakar linguistik untuk membedakan antara bentuk dan makna.
5. suatu ucapan yang menepati tata bahasa yang telah ditetapkan (contoh: Perkataan, kalimat, dan lain-lain.)
6. suatu sistem tuturan yang akan dapat dipahami oleh masyarakat linguistik.

Sedangkan menurut gorys keraf(1997 :1) bahasa adalah alat komunikasi antar anggota masyarakat berupa symbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Mungkin ada yang keberatan dengan mengatakan bahwa bahasa bukan satu-satunya alat untuk mengadakan komunikasi. Mereka menunjukkan bahwa dua orang atau pihak yang mengadakan komunikasi dengan mempergunakan cara-cara tertentu yang telah di sepakati bersama.
Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh leebih luas dan kompleks dari pada yang dapat di peroleh dengan menggunakan media tadi. Bahasa haruslah merupakan bunyi yang di hasilkan oleh alat ucap manusia, bukannya sembarang bunyi.





2.2 BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Ilmu dan bahasa merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Bahasa berperan penting dalam upaya pengembangan dan penyebar luasan ilmu. Setiap penelitian ilmiah tidak dapat di laksanakan tanpa menggunaka bahasa.
Upaya-upaya pengenyebarluasan ilmu jjga tidak mungkin dilaksanakan tanpa bahasa sbagai media komunikasi. Setiap forum ilmiah pasti menggunakan baasa sebagai sarana utama. Aktifitas yang di arahkan untuk memahami,mengeksplorasi,mendiskusikan konsep-konsep ilmu tidak dapat di selenggaraan tanpa melibatkan bahasa sebagai sarana.
Dengan mengguanakan wujud bahasa manusia saling berkomunikasi satu sama lain, sehingga dapat saling berbagi pengalaman dan saling belajar untuk meningkatkan intelektual. Dengan bahasa, segala ilmu pengetahuan yang di ciptakan atau di temukan manusia data di sebarluaskan kepada orang lain, ke daerahlain untuk kepentingan kesejahteraan manusia secara umum. Kehidupan pun semakn hari semakin baik berkat penemuan-penemuan baru oleh para ilmuan.
Ilmu pengetahuan juga harus di sampaikan menggunakan bahasa yang mudah di pahami. Oleh karena itu apabila seebuah ilmu pengetahuan yang di temukan oleh seorang ilmuan, dan di tulis menggunakan bahasa yang hanya di kuasai oleh ilmuan. Salah satu cara yang di tempuh adalah dengan menerjemahkan buku kedalam berbagai bahasa, khususnya kedalam bahasa yang di pahami oleh orang yang memerlukan ilmu pengetahuan tesebut,sehingga pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dalam buku tersebut menjadi maksimal.
Selain penyampaian informasi atau ilmu pengetahuan menggunakan bahasa yang di pahami oleh pemakai informasi atau pemakai ilmu pengetahuan, maka di dalam penyampaiannya harus memperhatikan struktur bahasa.
Bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa pendukung ilmu pengetahuan dan teknologi(iptek) untuk kepentingan pembangunan nasional. Peranan lain yang telah dibuktian oleh bahasa indonesai adalah dalam kedudukannya sebagai wahana transformasi ilmu pengetahuan dan tehknologi. Penyarapan ilmu pengetahuan dan tekhnologi berbagai sumber melalui proses belajar mengajar, dari jenjang sekolah dasar sampai pendidikan tinggi, dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Bahasa Indonesia mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di dunia luar.



2.3 BAHASA INDONESIA SEBAGAI SENI
Bahasa,seni dan religi adalah tiga hal yang tidak tepisahkan. Dalam bahasa ada kesenian dan religi. Sebaliknya dalam seni dan agama terdapat bahasa. Ketiganya merupakan unsure kebudayaan yang universal. Bahasa menempati urutan pertama, religi urutan keenamdan kesenian urutan ketujuh. Bahasa di tempatkan pada urutan pertama karena manusia sebagai mahluk biologis harus berinteraksi dan berkomunikasi dalam kelompok sosial.
Bahasa merupakan kebudayaan pertama yang di miliki setiap manusia dan bahasa itu dapat berkembang karena akal atau system pengetahuan manusia. Dalam proses kehidupannya, manusia baru menydari dirinya sebagai mahluk yang lemah dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, maka lahirlah keyakinan di dalam diri manusia bahwa ada kekuatan lain yang lemah dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, maka lahirlah keyakinan di dalam diri manusia bahwa ada kekuatan lain ang maha dasyat di luar dirinya. Timbul dan berkembanglah religi. Untuk mengiringi kepercayaan atau system religi itu supaya lebih bersemangat dan lebih semarak maka di ciptakanlah seni.
Berdasarkan uraian di atas, hubungan bahasa,seni dan agama atau kepercayaan adalah kesenian menyempurnakan dan menyemarakkan sistem agama dengan menggunakan media bahasa. Bahasa, seni dan agama merupakan unsur-unsur universal. Bahasa adalah induk dari segala kebudayaan. Atas dasar tersebut hubungan bahasa, seni,dan agama juga di peroleh dengan memahami hubungan bahasa dan kebudayaan.
Bahasa sebagai sarana pengembangan kebudayaan mengandung makna bahwa bahasa berperan sebagai alat atau sarana kebudayaan untuk mengembangkan kebudayaan itu sendiri. Kebudayaan Indonesia dikembangkan melalui bahasa Indonesia. Sarana untuk memahami kebudayaan adalah bahasa. Atas dasar itu hubungan bahasa dan kesenian dan agama adalah bahasa sebagai sarana pengembang kesenian dan agama.
keindahan (estetika) merupakan salah satu nilai dari kesenian yang berasal dari ekspresi dan kekreatifan manusia. agama di Indonesia
di kembangkan melalui kesenian dengan bahasa Indonesia. contohnya: dalam penyebaran agama islam di Indonesia oleh para kiai,wali dan ulama yang menyebarkan islam di pulau jawa menggunakan seni sebagai sarana pendakwahannya dalam menyebarkan agama islam. dalam dakwahnya para wali menggunakan bahasa yang mudah di mengerti dan di pahami yaitu bahasa Indonesia. bahasa sebagai jalur penerus kebudayaan atau seni mengandung makna bahwa bahasa berperan sebagai sarana pewarisan kebudayaan dari generasi ke generasi. setiap unsur kesenian dan keagamaan dari unit yang terkecil sampai yang terbesardi beri nama atau istilah. dalam proses pembelajaran dan pengajaran kesenian dan agama. hubungan agama dan kesenian arus di hubungkan tetapi juga harus di bedakan dari agama. garis pemisah di antara keduanya tidak tegas. kesenian dan agama sangat berhubungan erat untuk melahirkan kesenian dan agama yang bias di gunakan untuk mengiringi upacara keagamaan dengan di iringi berbagai jenis sastra, nyanyian dan music.










































BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN

Berdasarkan makalah yang kami buat bahwa, bahasa adalah alat untuk perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi. Dengan menggunakan bahasa manusia dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya sehingga dapat saling berbagi pengalaman dan saling belajar untuk meningkatkan intelektual.Hubungan bahasa , seni , dan agama adalah kesenian yang menyempurnakan dan menyemarakkan sistem agama dengan menggunakan media bahasa.


3.2. SARAN

Setelah membaca makalah ini kami berharap dapat mendefinisikan apa itu bahasa, mengerti hubungan bahasa Indonesia dalam perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni serta dapat menjadikan sebagai penyebaran agama.
























DAFTAR PUSTAKA



Samsuri. 1994 , analisis bahasa . Jakarta ; Erlangga
http : // www . indocina ,net / viewtopic.php
http : // id . wikisource . org/wiki

About Me

Foto Saya
faridwan
jambi, jambi, Indonesia
cuexz
Lihat profil lengkapku

Footer Widget 1

wellcome

wellcome at faridwanjaswa.blogspot.com

Footer Widget 3

Recent Posts

Download

Blogger Tricks

Blogger Themes

Laman

Powered By Blogger
faridwanjaswa. Diberdayakan oleh Blogger.

Footer Widget 2

Postingan Populer

Pengikut

Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail