Senin, 09 September 2013


TUGAS DASAR DASAR MANAJEMEN
MANAJEMEN SEMESTER PENDEK






DISUSUN OLEH :
Nama    :               Faridwan
Nim       :               D1D010029



PROGRAM STUDI KEHUTANAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS JAMBI
2013




Latar Belakang
Dalam mata kuliah dasar-dasar manajemen ( DDM ) dengan nilai dibawah 64,5 sehingga memerlukan perbaikan nilai dengan target minimal 80, melalui semester pendek ini target dapat terpenuhi sehingga nilai dasar-dasar manajemen meningkat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Selain dari peningkatan nilai juga dapat mememahami dasar-dasar manajemen.


Target dan tujuan
·         Memperoleh nilai minimal 80
·         Memahami manajemen


Pengertian Manajemen
Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengatur, pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan fungsi – fungsi manajemen itu sendiri.
Manajemen menurut Parker Follet yaitu seni dalam melakukan pekerjaan pribadi melalui orang lain. Seni yang berarti kemampuan atau keterampilan pribadi mengandung arti bahwa para manajer mencapai tujuan organisasi melalui pengaturan orang lain untuk melaksanakan berbagai tugas atau dengan kesimpulan manajer tidak melakukan itu sendiri.
Menurut Drs.H.Malyu S.P.Hasibuan manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaan sumber daya lainnya secara kolektif dan efisien untukncapai tujuan tertentu.
Secara sederhana manajemen berarti seni memperoleh hasil melalui berbagai kegiatan yang dilakukan orang lain.


Kenapa pentingnya manajemen ?
Pada dasarnya kemampuan terbatas manusia baik fisik, pengetahuan dan waktu, sedangkan kebutuhan tidak terbatas, maka dari itu diperlukan manajemen yang bertujuan untuk :
·                Manajemen yang baik akan meningkatkan daya guna dan hasil guna semua potensi yang dimiliki.
·                Manajemen yang baik akan mengurangi pemborosan.
·                Dalam manajemen menetapkan tujuan dan usaha untuk mewujudkan dengan memanfaatkan unsur – unsur manajemen dalam proses kegiatan.
·                Manajemen perlu dalam dalam kemajuan dan pertumbuhan
·                Manajemen mengakibatkan pencapaian tujuan serta teratur.
·                Manajemen merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan.
·                Manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap kerjasama kelompok.
·                Menurut T Hani Handoko yaitu mencapai tujuan, menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan mencapai efisiensi dan efektivitas.


Konsep manajemen
Fungsi manajemen adalah universal. Sifat ini merupakan hasil dari kenyataan bahwa fungsi – fungsi manajemen adalah sama dimana saja, dalam keseluruhan organisasi pada waktu kapan pun saja. Fungsi – fungsi manejerial ini sama dengan perusahaan besar, perusahaan kecil, organisasi kemasyarakatan, kelompok hobi dan lain sebagainya.
Manajemen adalah proses merencana, mengorganisasi, mengarahkan koordinasi serta pengawasan kegiatan mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif.
Proses perencanaan meliputi usaha menentukan tujuan, mengkaji kekuatan dan kelemahan organisasi, menentukan kesempatan dan ancaman serta menentukan masalah, kemudian diperlukan strategi, kebijakan dan taktik.
Proses pengorganisasian meliputi penentu fungsi, hubungan dan struktur. Fungsi berupa tugas-tugas dan dibagi dalam fungsi garis-garis dan staf serta fungsional. Hubungan terdiri atas tanggung jawab, wewenang dan pelaporan.
Proses mengorganisasi meliputi kegiatan pemberian perintah. Motivasi dan menciptakan pengikut.


Tahapan manajemen
·                Mencari bahan kuliah atau literature baik buku ataupun browsing
·                Membuat ringkasan
·                Manajemen waktu


Fungsi manajemen
v   Perencanaan / Planning
ü  Pengertian          : yaitu proses menyusun kegiatan yang akan dilaksanakan dimasa mendatang guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
ü  Tujuan                : untuk menentukan rencana yang akan dilaksanakan kedepan dalam meraih nilai minimal 80 dan dapat memahami manajemen.
ü  Cara atau strategi            :
1.      Membuat catatan ringkasan
2.      Membaca ringkasan setiap harinya
3.      Membuat diskusi kelompok sederhana


v   Organizing
ü  Pengertian          : yaitu kegiatan pengelompokan dan menentukan berbagai kegiatan penting dan memberikan kekuasaan kepada kelompok itu untuk melaksanakan kegiatan.
ü  Tujuan                : memudahkan dalam memahami materi dasar-dasar manajemen
ü  Strategi atau cara:
1.      Membaca literature
2.      Mengelompokkan literature berdasarkan urutan materi


v   Motivasi
ü  Pengertian          : kegiatan yang mendorong perilaku manusia kearah yang diinginkan sehingga tercapai tujuan yang ditetapkan.
ü  Tujuan                : memacu semangat belajar mahasiswa dalam memperoleh nilai minimal 80 dan dapat memahami manajemen.
ü  Strategi atau cara            :
1.      Diskusi sederhana atau dadakan dengan teman
2.      Pengulangan materi
3.      Komunikasi antar mahasiswa





v   Evaluasi / reporting
ü  Pengertian              : kegiatan mencapai tujuan perkembangan hasil yang telah dikerjakan.
ü  Tujuan                   : mengukur tingkat keberhasilan mahasiswa dengan melihat nilai ujian akhir semeseter pendek mencapai nilai minimal 80.
ü  Strategi atau cara    :
1.      Menjawab soal ujian dengan serius
2.      Ketelitian dalam menjawab soal


Kesimpulan
1.      Manajemen mempunyai tujuan yang ingin dicapai
2.      Manajemen merupakan perpaduan antara ilmu dan seni
3.      Manajemen merupakan proses yang sistematis, koordinasi, kooperatif dan terintegrasi dalam memanfaatkan unsur-unsur manajemen.
4.      Manajemen terdiri dari beberapa fungsi
5.      Manajemen hanya sebagai alat untuk mencapai tujuan.
6.      Manajemen dipengaruhi oleh dua lingkungan yaitu eksternal dan internal. Eksternal yaitu segala sesuatu atau keseluruhan yang mempengaruhi dari luar seperti pengaruh teman, budaya, teknologi dan lain sebagainya., sedangkan internal adalah pengaruh yang langsung datang dari dalam seperti niat yang kuat untuk mendapatkan nilai minimal 80.


Referensi
Santoni Anwar,SE.MM dan Esteka Ayu S,SE 2007. Bahan kuliah pengantar manajemen. Yayasan pendidikan tinggi Sakti Alam Kerinci, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Kerinci





Ringkasan
Fungsi manajemen
1.      Planning / perencanaan yaitu proses menyusun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dimasa mendatang guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2.      Organizing / mengkoordinir yaitu kegiatan mengelompokkan dan menentukan berbagai kegiatan penting dan memberikan kekuasaan kepada kelompok itu untuk melaksanakan kegiatan.
3.      Staffing / menyusun staff yaitu kegiatan untuk menentukan keperluan sumber daya manusia penyaringan, penyerahan, pelatihan dan pengembangannya menjadi tenaga kerja terampil.
4.      Motivating / mendorong yaitu kegiatan mendorong prilaku manusia kearah yang diinginkan sehingga tercapai tujuan yang ditetapkan.
5.      Controlling / pengendalian yaitu mengukur atau mengaitkan pelaksanaan kegiatan dengan tujuan yang ditetapkan, mencari kolektif yang diperlukan.
6.      Forecasting / meramalkan yaitu usaha untuk memprakirakan keadaan atau kejadian dan pengambilan tindakan yang akan terjadi dimasa dating misalnya
v    Memperkirakan permintaan barang dimasa mendatang
v    Memperkirakan ketersedian bahan baku
v    Memperkirakan kebijakan pemerintah ( politik ) dimasa mendatang
7.      Directing / mengarahkan yaitu kegiatan memberi bimbingan, saran perintah atau intruksi kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas masing-masing agar tercapai tujuan secara efektif.
8.      Leading / memimpin yaitu kegiatan mengatur bawahan agar mau dan mampu bertindak kearah pencapaian tujuan.
9.      Coordinating / mengkoordinir yaitu kegiatan mempertemukan berbagai bidang ( bawahan ) yang terkait agar saling memperhatikan fungsi masing-masing dan bekerjasama dalam mencapai tujuan.
10.  Reporting / melaporkan yaitu kegiatan mencapai perkembangan hasil yang telah dikerjakan.

0 komentar:

About Me

Foto Saya
faridwan
jambi, jambi, Indonesia
cuexz
Lihat profil lengkapku

Footer Widget 1

wellcome

wellcome at faridwanjaswa.blogspot.com

Footer Widget 3

Recent Posts

Download

Blogger Tricks

Blogger Themes

Laman

Powered By Blogger
faridwanjaswa. Diberdayakan oleh Blogger.

Footer Widget 2

Postingan Populer

Pengikut

Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail