Selasa, 10 Desember 2013


Program Pemberdayaan orang rimba
Program pemberdayaan yang dilakukan oleh Pemkab Sarolangun dalam aspek pendidikan, yang akan menyediakan tenaga guru untuk mengajar Orang Rimba. Untuk kesehatan juga akan menyediakan tenaga medis yang akan melayani  pengobatan Orang Rimba. Dan juga Pemkab akan mengembangkan sarana fisik berupa bangunan yang bersifat multifungsi, untuk pendidikan, kesehatan dan juga sarana pengembangan ekonomi. Pemkab Sarolangun juga akan mengikutsertakan Orang Rimba pada program pembangunan di Pemerintah.  Tujuan dari semua ini untuk meningkatkan taraf hidup Orang Rimba.

Saya setuju dengan program pemberdayaan orang rimba diatas yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan orang rimba. Melalui sekolah rimba, sehingga dapat mengembangkan pola berfikir mereka dalam membangun kesejahteraan antar orang rimba. Dan juga mereka tidak selalu tersisihkan dimata orang trans atau orang luar, bahkan dapat berbaur kepada orang luar. Dengan pendidikan pola berfikir mereka sedikit berkembang, karena pendidikan dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan kesejahteraan.  Kondisi pendidikan meliputi penguasaan teknologi, keterampilan, kemampuan berbahasa Indonesia, kemampuan baca tulis, dan pengetahuan yang berkaitan dengan peningkatan produksi. 

Kesehatan dan kebersihan bagi mereka dua aspek tersebut bukan lah prioritas utama, karena priyoritas utama mereka adalah kesejahteraan kehidupan bermasyarakat.
Selanjutnya sosial budaya yaitu Kondisi sosial budaya meliputi kebersamaan dalam kelauara dan dalam komunitas, interaksi dengan msyrakat di laur permukiman, interaksi dengan institusi pemerintah dan swasta, sarana transportasi, dan sumber informasi.

Selanjutnya pemberdayaan agama yaitu Kondisi religi meliputi agama/kepercayaan, aktivitas ibadah dan aktiviats sosial keagamaan.

Pemberdayaan selanjutnya adalah pemberdayaan agar mereka hidup menetap tanpa harus berpindah-pindah seperti yang biasa mereka lakukan dan juga belajar hidup bercocok tanam dikarena luas lahan semakin berkurang sedangkan populasi semakin bertambah. Khusus untuk program memukimkan Orang Rimba yang cenderung memiliki pola hidup nomaden dan wilayah melangun yang luas , mesti sangat hati-hati untuk dilakukan. Dengan tujuan mentepkan Kondisi ekonomi yang meliputi sumber ekonomi, pendapatan, kepemilikan alt rumah tangga dasar, dan kepemilikan tabungan.

Dan pemberdayaan yang lain adalah pemberdayaan Kondisi lingkungan meliputi  pembuangan kotoran dan limbah, pemanfaatan pekarangan dan lahan produktif.

0 komentar:

About Me

Foto Saya
faridwan
jambi, jambi, Indonesia
cuexz
Lihat profil lengkapku

Footer Widget 1

wellcome

wellcome at faridwanjaswa.blogspot.com

Footer Widget 3

Recent Posts

Download

Blogger Tricks

Blogger Themes

Laman

Powered By Blogger
faridwanjaswa. Diberdayakan oleh Blogger.

Footer Widget 2

Postingan Populer

Pengikut

Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail